Kamis, 27 Mei 2010

PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI CARA MENDAPATKAN DUKUNGAN SOSIAL

Situs jejaring sosial (Social Networking Website) seperti facebook adalah jalur tepat untuk mempunyai banyak teman atau mencari relasi sosial di dunia maya. Fenomena social networking di internet sebenarnya sudah cukup lama ada, hanya saja di Indonesia baru tahun tahun belakangan ini mulai tumbuh dengan pesat seiring dengan makin terjangkaunya tarif koneksi internet. Facebook telah menarik banyak perhatian orang di dunia. Terhitung pada januari 2010 facebook menjadi situs jejaring sosial tersibuk dengan pengguna sebanyak 350 juta orang. Saat ini Indonesia disebut sebagai Negara dengan pertumbuhan pengguna situs facebook tertinggi di Asia Tenggara, keanggotaan tahun ini 645 % lebih besar jika dibandingkan tahun 2008 (BBC Indonesia). Menurut check Facebook.com jumlah anggota situs buatan Mark Zuckerberg di Indonesia mencapai 11,7 juta dari total keseluruhan 314 juta orang di dunia. Angka yang mengindikasikan jumlah terbesar di Asia hingga November 2009.
Di era keterbukaan informasi, situs jejaring sosial seperti facebook menjadi media paling ampuh, selain kita bisa mendaftarkan diri dan mencari teman sebanyak banyaknya juga untuk membentuk opini public sehingga banyak orang berjuang demi kepentingan rakyat melalui dunia maya hingga penggunaan facebook sebagai cara untuk mendapatkan dukungan sosial. Gelombang dukungan untuk membentuk opini public atau isu isu masyarakat yang berkembang didunia maya kini mulai dikenal dan marak sejak pemilihan presiden Amerika Serikat 2008, facebook akhirnya menjadi salah satu factor yang mengantar Barack Obama mencapai kursi kepresidenan. Kunci sukses gerakan sosial melalui situs jejaring sosial seperti facebook adalah sesuatu yang mengangkat isu kepentingan public, misalnya tentang pemberantasan korupsi, perubahan iklim, isu politik, atau pendidikan.
Di Indonesia, kasus penangkapan dua petinggi non aktif komisi pemberantasan korupsi (KPK) Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto, mendapatkan dukungan moral via online facebook karena merasa memiliki rasa keprihatinan yang sama dan ada 1,3 juta orang yang bergabung dalam akun tersebut. Pengguna facebook membuat akun “Gerakan satu juta facebookers dukung Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto” di situs itu. Fenomena itu bisa terjadi karena situs jejaring sosial semacam facebook memang memiliki penggemar yang jumlahnya tidak terbatas (selalu bertambah). Dan semenjak itu, gerakan serupa seperti penggunaan facebook untuk mendapatkan dukungan sosial mulai terjadi dimana mana, termasuk di Indonesia. Mulai dari dukungan kepada Prita Mulyasari yang berseteru dengan sebuah rumah sakit swasta di Jakarta hanya karena keluhan tentang pelayanan yang kurang baik di rumah sakit tersebut yang ia kirimkan kepada temanya melalui surat elektronik atau email. Hingga bergulir ke ranah politik dan jalur hukum. Prita banyak mendapatkan dukungan sosial demi kebebasanya melalui akun facebooknya. Penggunaan facebook untuk mendapatkan dukungan sosial lainya adalah koin cinta Bilqis, putri dari kedua pasangan Donny Ardianta Passa (33) dan Dewi Farida (37) yang harus segera menjalani operasi transplantasi hati dan usaha kedua pasangan ini menggalang dana melalui situs jejaring sosial facebook walaupun tidak sedikit menuai sindiran dalam perjalananya.
Di Indonesia tren memberi dukungan melalui dunia maya sebenarnya sudah lama muncul sejak internet masuk pada awal tahun 90an. Mulanya lewat Milist (Mailing list), blog, dan sekarang situs pertemanan facebook, ini artinya aktivitas dukungan online telah mengalami proses evolusi. Memperoleh dukungan sosial melalui facebook memang lebih efektif murah dan bisa memiliki dampak luas. Namun tentang kualitas dukungan sosial via internet, secara kuantitas dukungan sosial itu memang nyata, tetapi dengan kualitasnya mungkin orang orang yang ikut dalam dukungan sosial tersebut hanya terbawa arus atau ikut ikutan.

Tidak ada komentar: